PROGRAM KERJA KURIKULUM



PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NAMA SEKOLAH                  : SMK GITA KIRTTI 1 JAKARTA
ALAMAT SEKOLAH             : JL. BRI. RADIO DALAM KEBAYORAN BARU JAKARTA SELATAN
No
Komponen
Kriteria
Kegiatan
Indikator
1
Pengembangan Kepribadian dan Sosial
1.1. Berakhlak mulia, mengembangkan bidaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan aklak mulia bagi komunitas disekolah
  1. Kepala sekolah melaksanakan ibadah sesui dengan agama yang dianutnya
  2. Kepala sekolah bersikap dan berperilaku menjadi teladan bagi warga sekolah
  3. Kepala sekolah merasa empati terhadap masalah yang dihadapi warga sekolah
  4. Kepala sekolah mampu mengembangkan budaya senyum, salam, sapa, sopan dan santun
  5. Kepala sekolah mendapat pengakuan keteladanan bagi warga sekolah
  6. Selalu melaksanakan sholat berjama’ah selama kegiatan sekolah berlangsung
  7. Selalu bersikap dan berperilaku teladan seperti disiplin, cinta kebersihan  dll
  8. Selalu melakukukan silaturohmi kepada warga sekolah baik yang mendapat kesenangan maupun duka
  9. Selalu menjadi contoh pengembangan budaya senyum, salam, sapa, sopan dan santun bagi warga sekolah
  10. Selalu menjadi inspirasi keteladan bagi warga sekolah



1.2. Melaksanakan tupoksi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen dan integritas
  1. Kepala sekolah mampu menerapkan kejujuran dalam tugas pokok dan fungsinya
  2. Kepala sekolah mampu menerapkan ketulusan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya
  3. Kepala sekolah mampu menerapkan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya
  4. Kepala sekolah mampu menerapkan integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya
    1. Selalu menekankan falsafah jujur dalam bekerja bagi semua warga sekolah
    2. Selalu mengajak semua warga sekolah untuk bekerja dengan penuh ketulusan tanpa mengeluh, tidak pamrih dan bekerja tepat waktu
    3. Selalu mengajak warga sekolah untuk melaksanakan program dengan rasa penuh tanggungjawab dengan prestasi yang memuaskan
    4. Selalu mengajak warga sekolah untuk menunjukkan integritas yang tinggi  dalam melaksanakan tugas dengan catatan dan solusi yang jelas

No
Komponen
Kriteria
Kegiatan
Indikator


1.3  Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah
  1. Kepala sekolah bersikap terbuka menerima pendapat, kritik dan saran dari pihak lain
  2. Kepala sekolah mampu menggerakkan semua pemangku kepentingan dalam menyusun program sekolah
  3. Kepala sekolah bersikap terbuka dan transparan dalam pengelolaan sekolah
  4. Kepala sekolah bersikap terbuka dalam membangun sistem informasi manajemen sekolah
1.        Selalu tersedia media untuk menyampaikan pendapat, kritik dan saran seperti kotak saran
2.        Selalu dengan notula dan daftar hadir dalam rapat penyusunan program sekolah

  1. Selalu tersedia media informasi tentang pengelolaan keuangan sekolah
  2. Selalu tersedia sistem informasi manejemen yang bisa diakses oleh seluruh warga sekolah


1.4. Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah
  1. Kepala sekolah mampu mengendalikan emosi seperti sabar, tenang, bijaksana dan berjiwa besar
  2. Kepala sekolah mampu menghadapi masalah
  3. Kepala sekolah mampu mengatasi masalah
  4. Kepala sekolah mampu mengelola tantangan baru
1.        Selalu memiliki sikap dan sifat seperti sabar, tenang, bijaksana dan berjiwa besar

  1. Selalu memiliki kemampuan menghadapi masalah
  2. Selalu memiliki kemampuan memecahkan masalah
  3. Selalu memiliki kemampuan mengelola tantangan baru


1.5. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan
  1. Kepala sekolah aktif dalam pelaksanaan program pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan seperti donor darah, bencana alam dll
  2. Kepala sekolah berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dilingkungan sekolah seperti gotong royong, kerja bakti dll
  3. Kepala sekolah berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dilingkungan tempat tinggal seperti pengurus RT, pengurus RW dll
  1. Kepala sekolah berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup
  2. Selalu berperan aktif dalam pelaksanaan program pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan seperti donor darah, bencana alam dll
  3. Selalu berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dilingkungan sekolah seperti gotong royong, kerja bakti dll
  4. Selalu berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dilingkungan tempat tinggal seperti pengurus RT, pengurus RW dll

  1. Selalu berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup
No
Komponen
Kriteria
Kegiatan
Indikator


1.6. Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain
  1. Kepala sekolah mempunyai sifat simpatik/tenggangrasa terhadap orang lain
  2. Kepala sekolah mempunyai sifat empati/sambung rasa terhadap orang lain
  3. Kepala sekolah mempunyai sifat peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain
  4. Kepala sekolah mempunyai sifat obyektif dalam mengatasi konflik internal sekolah
  5. Selalu mempunyai sifat simpatik/tenggangrasa terhadap orang lain
  6. Selalu mempunyai sifat empati/sambung rasa terhadap orang lain
  7. Selalu mempunyai sifat peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain
  8. Selalu mempunyai sifat obyektif dalam mengatasi konflik internal sekolah




1.7. Mengembangkan dan mengelola hubungan sekolah dengan pihak lain diluar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah
  1. Kepala sekolah mampu merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat
  2. Kepala sekolah mampu memperoleh dukungan dari lembaga pemerintah, swasta, DU/DI dan masyarakat
  3. Kepala sekolah mampu memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan masyarakat
  4. Kepala sekolah mampu memanfaatkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif
  1. Selalu jujur sehingga tidak ada temuan atau penyimpangan dalam pelayanan sekolah
  2. Selalu bekerja penuh ketulusan dengan ciri tidak mengeluh, tidak pamrih dan bekerja tepat waktu
  3. Selalu memiliki komitmen yang tinggi dan kemamuan yang keras dalam melaksanakan tanggungjawab yang berhubungan prestasi sekolah
  4. Selalu menunjukkan integritas yang tinggi dalam melaksanakan tupoksi  yang dibuktikan dalam buku catatan kasus dan solusinya
No
Komponen
Kriteria
Kegiatan
Indikator
2
Kepemimpinan Pembelajaran
2.1. Bertindak sesuai dengan visi dan misi sekolah
  1. Kepala sekolah mampu menyusun program sekolah berdasar visi dan misi sekolah
  2. Kepala sekolah mampu menerapkan program sekolah berdasar visi dan misi sekolah
  3. Kepala sekolah mampu mengambil keputusan dan berani menghadapi resiko demi tercapainya visi dan misi sekolah
  4. Kepala sekolah mampu mengevaluasi program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah
1.        Selalu menyusun program sekolah berdasar visi dan misi sekolah
2.        Selalu menerapkan program sekolah berdasar visi dan misi sekolah
3.        Selalu mengambil keputusan dan berani menghadapi resiko demi tercapainya visi dan misi sekolah
4.        Selalu mengevaluasi program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah



2.2. Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri dan orang lain untuk mencapai standar yang tinggi
Kepala sekolah mampu merumuskan tujuan sekolah dengan prinsip SMART yaitu
  1. Spesific yaitu tujuan yang fokus pada pencapaian standar
  2. Mearusable yaitu tujuan dapat diukur
  3. Achievable yaitu tujuan dapat dicapai
  4. Realistic yaitu tujuan berdasar kondisi nyata
  5. Time Bound yaitu tujuan berdasar target waktu yang jelas
Dokumen rumusan tujuan sekolah berdasar 5 prinsip yaitu
  1. Spesific yaitu tujuan yang fokus pada pencapaian standar
  2. Mearusable yaitu tujuan dapat diukur
  3. Achievable yaitu tujuan dapat dicapai
  4. Realistic yaitu tujuan berdasar kondisi nyata
  5. Time Bound yaitu tujuan berdasar target waktu yang jelas


2.3. Mengembangkan sekolah menuju organisasi pembelajar (learning organization)
  1. Kepala sekolah mampu merencanakan program pengembangan SDM
  2. Kepala sekolah mampu melaksnakan program pengembangan SDM dengan cara  seminar, pelatihan, MGMP, KKKS dan studi lanjut
  3. Kepala sekolah mampu melakukan Penelitian Tindakan Sekolah
  4. Kepala sekolah mampu menciptakan suasana sekolah yang mendorong warga sekolah untuk terus menerus belajar
  1. Program pengembangan SDM
  2. Pelaksanaan pengembangan SDM dengan cara  seminar, pelatihan, MGMP, KKKS dan studi lanjut
  3. Penelitian Tindakan Sekolah
  4. suasana sekolah yang mendorong warga sekolah untuk terus menerus belajar
No
Komponen
Kriteria
Kegiatan
Indikator


2.4. Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
  1. Kepala sekolah mampu membuat program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
  2. Kepala sekolah mampu melaksanakan program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
  3. Kepala sekolah mampu mengevaluasi program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
  4. Kepala sekolah mampu melaksanakan program tindak lanjut yang  program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
  5. Program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
  6. Program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
  7. Program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
  8. Program tindak lanjut yang  program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran



2.5. Memegang teguh tujuan sekolah dengan menjadi contoh dan bertindak sebagai pemimpin pembelajaran
  1. Kepala sekolah mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan prestasi akademik maupun non akademik siswa
  2. Kepala sekolah mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru
  3. Kepala sekolah mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan
  4. Kepala sekolah mampu menjadi contoh sebagai pemimpin pembelajaran dengan model-model pembelajaran terbaru seperti kewirausahaan

1.    Konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan prestasi akademik maupun non akademik siswa
2.    Konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru
3.    Konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan
4.    Mampu menjadi contoh sebagai pemimpin pembelajaran dengan model-model pembelajaran terbaru seperti kewirausahaan
No
Komponen
Kriteria
Kegiatan
Indikator


2.6. Melaksanakan kepemimpinan yang inspiratif
  1. Kepala sekolah mampu menerapkan kepemimpinan yang dapat memotivasi warga sekolah dalam mencapai tujuan sekolah seperti memberi apresiasi terhadap prestasi warga sekolah
  2. Kepala sekolah mampu menerapkan kepemimpinan yang kreatif seperti mendorong munculnya ide baru dalam pelestarian lingkungan
  3. Kepala sekolah mampu menerapkan kepemimpinan yang inovatif seperti menfasilitasi ide baru dalam pelestarian lingkungan
  4. Kepala sekolah mampu menjadi inspirasi warga sekolah berkaitan keteladanan penerapan nilai-nilai karakter seperti jujur, disiplin dll
  5. Memotivasi warga sekolah dalam mencapai tujuan sekolah seperti memberi apresiasi terhadap prestasi warga sekolah
  6. Kepemimpinan yang kreatif seperti mendorong munculnya ide baru dalam pelestarian lingkungan
  7. Kepemimpinan yang inovatif seperti menfasilitasi ide baru dalam pelestarian lingkungan
  8. Kepemimpinan yang inspiratif warga sekolah berkaitan keteladanan penerapan nilai-nilai karakter seperti jujur, disiplin dll



2.7. Membangun saling percaya dan diri menfasilitasi kerja sama dalam rangka menciptakan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah
  1. Kepala sekolah mampu berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk membangun lingkungan kerja yang baik
  2. Kepala sekolah mampu berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk membangun rasa saling percaya diantara warga sekolah
  3. Kepala sekolah mampu berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk menfasilitasi kerjasama yang baik
  4. Kepala sekolah mampu berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk menciptakan iklim kerja dan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah
  5. Berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk membangun lingkungan kerja yang baik
  6. Berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk membangun rasa saling percaya diantara warga sekolah
  7. Berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk menfasilitasi kerjasama yang baik
  8. Berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk menciptakan iklim kerja dan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah

No
Komponen
Kriteria
Kegiatan
Indikator


2.8. Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
  1. Kepala sekolah mampu menunjukkan kesungguhan dalam membuat program yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar seperti program pengembangan keprofesionalan berkelanjutan guru dan tenaga kependidikan
  2. Kepala sekolah mampu menunjukkan kesungguhan dalam melaksanakan progam yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
  3. Kepala sekolah mampu menunjukkan kesungguhan dalam mengevaluasi progam yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
  4. Kepala sekolah mampu menunjukkan kesungguhan dalam melaksanakan progam tindak lanjut yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
  5. Menyusun program yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar seperti program pengembangan keprofesionalan berkelanjutan guru dan tenaga kependidikan
  6. Melaksanakan progam yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
  7. Mengevaluasi progam yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
  8. Melaksanakan progam tindak lanjut yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar

















2.9. Mengembangkan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah
  1. Kepala sekolah mampu menyusun program KTSP dokumen 1 seperti mata pelajaran, muatan lokal, pengembangan diri, pengaturan beban belajar, ketuntasan belajar, kenaikan kelas, kelulusan, pendidikan kecakapan hidup, pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global, serta kurikulum dokumen 2 seperti silabus dan RPP yang penyusunannnya melibatkan pemangku kepentingan sekolah sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah
  2. Kepala sekolah mampu melaksanakan KTSP dokumen 1 dan dokumen 2
  3. Kepala sekolah mampu melakukan evaluasi pelaksanaan KTSP dokumen 1 dan dokumen 2
  4. Kepala sekolah mampu melakukan pengembangan KTSP dokumen 1 ,2
  5. Menyusun KTSP dokumen 1 seperti mata pelajaran, muatan lokal, pengembangan diri, pengaturan beban belajar, ketuntasan belajar, kenaikan kelas, kelulusan, pendidikan kecakapan hidup, pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global, serta KTSP dokumen 2 seperti silabus dan RPP yang penyusunannnya melibatkan pemangku kepentingan sekolah sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah
  6. Melaksanakan KTSP dokumen 1 dan dokumen 2
  7. Melakukan evaluasi pelaksanaan KTSP dokumen 1 dan dokumen 2
  8. Melakukan pengembangan KTSP dokumen 1 dan dokumen 2

No
Komponen
Kriteria
Kegiatan
Indikator


2.10.  Mengelola peserta didik dalam rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal
  1. Kepala sekolah mampu membuat program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik secara optimal seperti program pengembangan bakat minat, tes IQ, program OSIS dan ekstrakurikuler
  2. Kepala sekolah mampu melaksanakan program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik secara optimal
  3. Kepala sekolah mampu mengevaluasi program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik secara optimal
  4. Kepala sekolah mampu membuat program pengembangan yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik secara optimal
  5. Menyusun program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik secara optimal seperti program pengembangan bakat minat, tes IQ, program OSIS dan ekstrakurikuler
  6. Melaksanakan program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik secara optimal
  7. Mengevaluasi program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik secara optimal
  8. Menyusun  program pengembangan yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik secara optimal

3
Pengembangan sekolah
3.1  Menyusun rencana pengembangan sekolah
  1. Kepala sekolah mampu melibatkan semua unsur di sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)/Rencana Kerja Sekolah (RKS) dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah dengan membentuk Tim Pengembang Sekolah (TPS)
  2. Kepala sekolah mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sebagai bahan penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)
  3. Kepala sekolah mampu mengidentifikasi peluang dan tantangan sebagai bahan mendiagnosis jenis kebutuhan yang diperlukan dalam perbaikan mutu sekolah
  4. Kepala sekolah mampu memimpin semua unsur sekolah dalam pengembangan sekolah melalui TPS dan EDS (Evaluasi Diri Sekolah)

1.    Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)/Rencana Kerja Sekolah (RKS) dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah dengan membentuk Tim Pengembang Sekolah (TPS)
2.    Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sebagai bahan penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)
3.    Mengidentifikasi peluang dan tantangan sebagai bahan mendiagnosis jenis kebutuhan yang diperlukan dalam perbaikan mutu sekolah
4.    Memimpin semua unsur sekolah dalam pengembangan sekolah melalui TPS dan EDS (Evaluasi Diri Sekolah)
No
Komponen
Kriteria
Kegiatan
Indikator


3.2  Mengembangkan struktur organisasi sekolah yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan
  1. Kepala sekolah mampu menyusun struktur organisasi yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah
  2. Kepala sekolah mampu menyusun diskripsi tugas setiap komponen dalam struktur organisasi
  3. Kepala sekolah mampu membuat pendelegasian tugas untuk memonitor pelaksanaan tugas setiap komponen dalam struktur organisasi
  4. Kepala sekolah mampu mengevaluasi struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah
1.    Menyusun struktur organisasi yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah
2.    Menyusun diskripsi tugas setiap komponen dalam struktur organisasi
3.    Membuat pendelegasian tugas untuk memonitor pelaksanaan tugas setiap komponen dalam struktur organisasi
4.    Mengevaluasi struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah


3.3  Melaksanakan pengembangan sekolah sesuai dengan rencana jangka panjang, menengah, dan jangka pendek menuju tercapainya visi, misi dan tujuan sekolah
  1. Kepala sekolah mampu menyusun Program Kerja Sekolah yang terdiri dari Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS), dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah
  2. Kepala sekolah mampu melaksanakan Rencana Kerja Sekolah (RKS)
  3. Kepala sekolah mampu mengevaluasi Rencana Kerja Sekolah (RKS)
  4. Kepala sekolah mampu melaksanakan program tindak lanjut Rencana Kerja Sekolah (RKS)
1.    Menyusun Program Kerja Sekolah yang terdiri dari Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS), dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah
2.    Melaksanakan Rencana Kerja Sekolah (RKS)
3.    Mengevaluasi Rencana Kerja Sekolah (RKS)
4.    Melaksanakan program tindak lanjut Rencana Kerja Sekolah (RKS)
No
Komponen
Kriteria
Kegiatan
Indikator


3.4  Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah dan standar nasional pendidikan
  1. Kepala sekolah mampu meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajerial seperti peningkatan kinerja sekolah secara efektif dan efisien dibidang sarana dan prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan, serta pembiayaan.
  2. Kepala sekolah mampu meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik seperti peningkatan kinerja sekolah yang efisien dan efektif seperti Standar Isi, SKL, Standar Proses dan Standar Penilaian
  3. Kepala sekolah mampu membuat inovasi dalam rangka kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajerial
  4. Kepala sekolah mampu membuat inovasi dalam rangka kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik
1.    Meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajerial seperti peningkatan kinerja sekolah secara efektif dan efisien dibidang sarana dan prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan, serta pembiayaan.
2.    Meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik seperti peningkatan kinerja sekolah yang efisien dan efektif seperti Standar Isi, SKL, Standar Proses dan Standar Penilaian
3.    Membuat inovasi dalam rangka kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajerial
4.    Membuat inovasi dalam rangka kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik



3.5  Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah dengan prosedur yang tepat
  1. Kepala sekolah mampu melakukan monitoring pelaksanaan program kegiatan sekolah secara terprogram berdasar program monitoring yang memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal dan penanggungjawab

  1. Kepala sekolah mampu melakukan evaluasi pelaksanaan program sekolah secara terprogram berdasar program evaluasi yang memuat  latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal dan penanggungjawab
  2. Kepala sekolah mampu membuat pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah
  3. Kepala sekolah mampu membuat sistem monotoring, evaluasi dan pelaporan dengan prosedur yang tepat
1.    Program monitoring pelaksanaan kegiatan sekolah
2.    Program evaluasi pelaksanaan kegiatan sekolah
3.    Program pelaporan pelaksanaan kegiatan sekolah
4.    Sistem monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan sekolah



3.6  Merencanakan dan menindaklanjuti hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan
  1. Kepala sekolah mampu membuat program tindak lanjut hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan
  2. Kepala sekolah mampu melaksanakan program tindak lanjut hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan
  3. Kepala sekolah mampu mengevaluasi program tindak lanjut hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan
  4. Kepala sekolah mampu membuat sistem pelaksanaan program tindak lanjut hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan
  5. Membuat program tindak lanjut hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan
  6. Melaksanakan program tindak lanjut hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan
  7. Mengevaluasi program tindak lanjut hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan
  8. Membuat sistem pelaksanaan program tindak lanjut hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan



3.7  Melaksanakan penelitian tindakan sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah
  1. Kepala sekolah mampu membuat program Penelitian Tindakan Sekolah dalam rangka peningkatan kinerja sekolah
  2. Kepala sekolah mampu melaksanakan program Penelitian Tindakan Sekolah dalam rangka peningkatan kinerja sekolah
  3. Kepala sekolah mampu mengevaluasi program Penelitian Tindakan Sekolah dalam rangka peningkatan kinerja sekolah
  4. Kepala sekolah mampu membuat rencana tindak lanjut dari Penelitian Tindakan Sekolah dalam rangka peningkatan kinerja sekolah

1.    Membuat program Penelitian Tindakan Sekolah dalam rangka peningkatan kinerja sekolah
2.    Melaksanakan program Penelitian Tindakan Sekolah dalam rangka peningkatan kinerja sekolah
3.    Mengevaluasi program Penelitian Tindakan Sekolah dalam rangka peningkatan kinerja sekolah
4.    Membuat rencana tindak lanjut dari Penelitian Tindakan Sekolah dalam rangka peningkatan kinerja sekolah
No
Komponen
Kriteria
Kegiatan
Indikator
4
Manajemen Sumberdaya
4.1. Mengelola dan mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal
  1. Kepala sekolah mampu membuat program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal (RW + 1H)
  2. Kepala sekolah mampu melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal
  3. Kepala sekolah mampu mengevaluasi program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal
  4. Kepala sekolah mampu membuat program tindak lanjut program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal
  5. Menyusun program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal (RW + 1H)
  6. Melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal
  7. Mengevaluasi program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal
  8. Membuat program tindak lanjut program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal



4.2. Mengelola dan mendayagunakan sarana dan prasarana sekolah secara optimal demi kepentingan pembelajaran
  1. Kepala sekolah mampu membuat program pengelolaan dan penda-yagunaan sarana dan prasarana sekolah untuk kepentingan pembelajaran
  2. Kepala sekolah mampu melaksa-nakan program pengelolaan dan pendayagunaan sarpras sekolah untuk kepentingan pembelajaran
  3. Kepala sekolah mampu mengevaluasi program pengelo-laan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah untuk kepentingan pembelajaran
  4. Kepala sekolah mampu membuat program tindak lanjut pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah untuk kepentingan pembelajaran
  5. Membuat program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah untuk kepentingan pembelajaran
  6. Melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah untuk kepentingan pembelajaran
  7. Mengevaluasi program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah untuk kepentingan pembelajaran
  8. Membuat program tindak lanjut program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah untuk kepentingan pembelajaran

No
Komponen
Kriteria
Kegiatan
Indikator


4.3. Mengelola keuangan sekolah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntanbilitas
  1. Kepala sekolah mampu membuat program perencanaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntanbel
  2. Kepala sekolah mampu melaksanakan  program perencanaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntabel
  3. Kepala sekolah mampu mengevaluasi program perencanaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntanbel
  4. Kepala sekolah mampu membuat program tindak lanjut program perencanaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntabel
  5. Membuat program perencanaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntanbel
  6. Melaksanakan  program perencanaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntabel
  7. Mengevaluasi program perencanaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntanbel
  8. Membuat program tindak lanjut program perencanaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntabel



4.4. Mengelola lingkungan sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
  1. Kepala sekolah mampu membuat program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
  2. Kepala sekolah mampu melaksanakan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
  3. Kepala sekolah mampu mengevaluasi program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
  4. Kepala sekolah mampu membuat program tindak lanjut program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan

  1. Membuat program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
  2. Melaksanakan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
  3. Mengevaluasi program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
  4. M embuat program tindak lanjut program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
No
Komponen
Kriteria
Kegiatan
Indikator


4.5. Mengelola ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah
  1. Kepala sekolah mampu membuat program kerja ketatausahaan sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah
  2. Kepala sekolah mampu melaksanakan program kerja ketatausahaan sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah
  3. Kepala sekolah mampu mengevaluasi program kerja ketatausahaan sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah
  4. Kepala sekolah mampu membuat program tindak lanjut program kerja ketatausahaan sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah
  5. Membuat program kerja ketatausahaan sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah
  6. Melaksanakan program kerja ketatausahaan sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah
  7. Mengevaluasi program kerja ketatausahaan sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah
  8. Membuat program tindak lanjut program kerja ketatausahaan sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah



4.6. Mengelola sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
  1. Kepala sekolah mampu membuat program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
  2. Kepala sekolah mampu melaksaanakan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
  3. Kepala sekolah mampu mengevaluasi program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
  4. Kepala sekolah mampu membuat program tindak lanjut program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
  5. Membuat program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
  6. Melaksaanakan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
  7. Mengevaluasi program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
  8. Membuat program tindak lanjut program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan

No
Komponen
Kriteria
Kegiatan
Indikator


4.7. Mengelola layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
  1. Kepala sekolah mampu membuat program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah seperti koperasi sekolah, kantin sekolah, kotak saran dll
  2. Kepala sekolah mampu melaksanakan program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
  3. Kepala sekolah mampu mengevaluasi program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
  4. Kepala sekolah mampu membuat program tindak lanjut program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
  5. Membuat program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah seperti koperasi sekolah, kantin sekolah, kotak saran dll
  6. Melaksanakan program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
  7. Mengevaluasi program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
  8. Membuat program tindak lanjut program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah



4.8. Memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah
  1. Kepala sekolah mampu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah seperti media pembelajaran berbasis teknologi, internet dll
  2. Kepala sekolah mampu menfasilitasi guru dalam  pemanfaatan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran media pembelajaran berbasis teknologi, LCD, Multimedia internet dll
  3. Kepala sekolah mampu menfasilitasi tenaga administrasi dalam pemanfaatan teknologi secara efektif dalam menyelesaikan administrasi sekolah seperti internet dll
  4. Kepala sekolah mampu menfasilitasi guru dan tenaga administrasi sekolah dalam kreativitas, inovasi sehingga pembelajaran dan manajemen sekolah semakin efektif sesuai dengan tuntutan perubahan
  5. Optimalisasi  pemanfaatan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah seperti media pembelajaran berbasis teknologi, internet dll
  6. Guru memanfaatan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran media pembelajaran berbasis teknologi, LCD, Multimedia internet dll
  7. Tenaga administrasi memanfaatan teknologi secara efektif dalam menyelesaikan administrasi sekolah seperti internet dll
  8. Guru dan tenaga administrasi sekolah kreativit, inovatif sehingga pembelajaran dan manajemen sekolah semakin efektif sesuai dengan tuntutan perubahan

5
Kewirausahaan
5.1. Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah
  1. Kepala sekolah mampu menfasilitasi kreatititas dan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah contoh pembelajaran dan penatausahaan sekolah menfaatkan tekonolgi informasi
  2. Kepala sekolah mampu menerapkan kreatititas dan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah
  3. Kepala sekolah mampu membudayakan kreatititas dan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah
  4. Kepala sekolah mampu mengembangkan budaya kreatif dan inovatif yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah
  5. Menfasilitasi kreatititas dan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah contoh pembelajaran dan penatausahaan sekolah menfaatkan tekonolgi informasi
  6. Menerapkan kreatititas dan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah
  7. Membudayakan kreatititas dan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah
  8. Mengembangkan budaya kreatif dan inovatif yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah



5.2. Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran
  1. Kepala sekolah mampu memberi tauladan kedisiplinan dan kinerja guru untuk mewujudkan visi danb misi sukses sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran contoh kemauan kuat untuk mengembangkan diri, belajar kepada kepala sekolah yang sukses dll
  2. Kepala sekolah mampu aktif dalam forum pertemuan ilmiah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran contoh seminar pendidikan, karya ilmiah dll
  3. Kepala sekolah mampu aktif dalam Kelompok Kerja Kepala Sekolah dll
  4. Kepala sekolah mampu memberikan keteladanan dan aktif dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan contoh karya inovasi pendidikan, publikasi ilmiah dll
  5. Memberi tauladan kedisiplinan dan kinerja guru untuk mewujudkan visi danb misi sukses sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran contoh kemauan kuat untuk mengembangkan diri, belajar kepada kepala sekolah yang sukses dll
  6. Aktif dalam forum pertemuan ilmiah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran contoh seminar pendidikan, karya ilmiah dll
  7. Aktif dalam Kelompok Kerja Kepala Sekolah dll
  8. Memberikan keteladanan dan aktif dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan contoh karya inovasi pendidikan, publikasi ilmiah dll



5.3. Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing
  1. Kepala sekolah mampu memotivasi diri dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai kepala sekolah contoh semangat kerja tinggi sebagai guru maupun kepala sekolah
  2. Kepala sekolah mampu memotivasi siswa untuk sukses contoh memberi motivasi berprestasi lewat beasiswa, memberi pujian dll
  3. Kepala sekolah mampu memotivasi guru dalam pembelajaran contoh memberi insentip, memberi pujian dll
  4. Kepala sekolah mampu memotivasi tenaga administrasi untuk bekerja dengan baik contoh memberi insentip hadir, memberi pujian dll
  5. Memotivasi diri dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai kepala sekolah contoh semangat kerja tinggi sebagai guru maupun kepala sekolah
  6. Memotivasi siswa untuk sukses contoh memberi motivasi berprestasi lewat beasiswa, memberi pujian dll
  7. Memotivasi guru dalam pembelajaran contoh memberi insentip, memberi pujian dll
  8. Memotivasi tenaga administrasi untuk bekerja dengan baik contoh memberi insentip hadir, memberi pujian dll



5.4. Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah
  1. Kepala sekolah mampu bersikap konsisten dan pantang menyerah dalam menangani setiap permasalahan yang dihadapi sekolah contoh menegakkan disiplin guru dan karyawan yang tingkat kehadirannya rendah
  2. Kepala sekolah mampu mengatasi dan menemukan solusi terbaik setiap persoalan yang dihadapi sekolah contoh penanganan konflik
  3. Kepala sekolah mampu membangun budaya konsisten dan pantang menyerah dalam mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi sekolah
  4. Kepala sekolah mampu mengembangkan budaya silaturohmi, kekeluargaan dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi disekolah
  5. Bersikap konsisten dan pantang menyerah dalam menangani setiap permasalahan yang dihadapi sekolah contoh menegakkan disiplin guru dan karyawan yang tingkat kehadirannya rendah
  6. Mengatasi dan menemukan solusi terbaik setiap persoalan yang dihadapi sekolah contoh penanganan konflik
  7. Membangun budaya konsisten dan pantang menyerah dalam mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi sekolah
  8. Mengembangkan budaya silaturohmi, kekeluargaan dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi disekolah



5.5. Menerapkan nilai dan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengembangkan sekolah
Kepala sekolah mampu mengembangkan sekolah dengan menerapkan prinsip-prinsip :
  1. Inovatif dan kreatif
  2. Kemandirian dan rasa percaya diri yang kuat
  3. Kerja keras dan pantang menyerah
  4. Tanggap terhadap perubahan dan berorientasi masa depan berdasar pada visi, misi dan tujuan sekolah
Pengembangan sekolah dengan prinsip :
  1. Inovatif dan kreatif
  2. Kemandirian dan rasa percaya diri yang kuat
  3. Kerja keras dan pantang menyerah
  4. Tanggap terhadap perubahan dan berorientasi masa depan berdasar pada visi, misi dan tujuan sekolah
6
Supervisi Pembelajaran
  1. 5.  
  2. 6.  
6.1. Menyusun program supervisi akademik dalam rangka profesionalisme guru
Kepala sekolah mampu menyusun program tahunan supervisi akademik dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru yang meliputi :
  1. Fokus pada perbaikan proses dan hasil belajar
  2. Jadwal pelaksanaan dan instrumen supervisi akademik
  3. Dikomunikasikan pada bulan pertama awal tahun
  4. Pendelegasian dan pembagian tugas kepada guru senior

Program tahunan supervisi akademik dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru yang meliputi :
  1. Fokus pada perbaikan proses dan hasil belajar
  2. Jadwal pelaksanaan dan instrumen supervisi akademik
  3. Dikomunikasikan pada bulan pertama awal tahun
  4. Pendelegasian dan pembagian tugas kepada guru senior
No
Komponen
Kriteria
Kegiatan
Indikator


6.2. Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat
  1. Kepala sekolah mampu membagi tugas pelaksanaan supervisi akademik kepada wakil dan guru senior yang memenuhi syarat contoh tim pelaksana supervisi akademik
  2. Kepala sekolah mampu menerapkan prosedur, pendekatan, dan teknik supervisi yang tepat contoh pra observasi, observasi dan post observasi
  3. Kepala sekolah mampu mengembangkan instrumen supervisi yang relevan dengan tuntutan perubahan dan sesuai dengan perkembangan kurikulum yang memuat nilai karakter
  4. Kepala sekolah mampu mengevaluasi pelaksanaan supervisi akademik
  5. Membagi tugas pelaksanaan supervisi akademik kepada wakil dan guru senior yang memenuhi syarat contoh tim pelaksana supervisi akademik
  6. Menerapkan prosedur, pendekatan, dan teknik supervisi yang tepat contoh pra observasi, observasi dan post observasi
  7. Mengembangkan instrumen supervisi yang relevan dengan tuntutan perubahan dan sesuai dengan perkembangan kurikulum yang memuat nilai karakter
  8. Mengevaluasi pelaksanaan supervisi akademik



6.3. Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
  1. Kepala sekolah mampu memanfaatkan hasil penilaian supervisi akademik dalam rangka evaluasi program sekolah dibidang akademik contoh silabus terintegrasi dengan nilai karakter
  2. Kepala sekolah mampu menindaklanjuti hasil penilaian supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru contoh efektifitas media pembelajaran, efektifitas penilaian dll
  3. Kepala sekolah mampu menindaklanjuti hasil penilaian supervisi akademik dengan mengikutkan guru dalam pelatihan
  4. Kepala sekolah mampu menindaklanjuti hasil penilaian supervisi akademik dengan menyelenggarakan workshop dan mengundang nara sumber yang kompeten sesuai dengan hasil evaluasi supervisi akademik
  5. Memanfaatkan hasil penilaian supervisi akademik dalam rangka evaluasi program sekolah dibidang akademik contoh silabus terintegrasi dengan nilai karakter
  6. Menindaklanjuti hasil penilaian supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru contoh efektifitas media pembelajaran, efektifitas penilaian dll
  7. Menindaklanjuti hasil penilaian supervisi akademik dengan mengikutkan guru dalam pelatihan
  8. Menindaklanjuti hasil penilaian supervisi akademik dengan menyelenggarakan workshop dan mengundang nara sumber yang kompeten sesuai dengan hasil evaluasi supervisi akademik

                                                                                                                                                                                                                                                                       Jakarta,    Juni 2013
                                                                        Kepala SMK Gita Kirtti 1 Jakarta


0 komentar:

Posting Komentar

silahkan anda berkomentar, kesopanan selalu kami jaga dan tidak melakukan komentar sara dan spam.