No
|
Komponen
|
Kriteria
|
Kegiatan
|
Indikator
|
1
|
Pengembangan Kepribadian dan
Sosial
|
1.1. Berakhlak mulia,
mengembangkan bidaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan aklak
mulia bagi komunitas disekolah
|
- Kepala sekolah melaksanakan ibadah sesui dengan agama
yang dianutnya
- Kepala sekolah bersikap dan berperilaku menjadi
teladan bagi warga sekolah
- Kepala sekolah merasa empati terhadap masalah yang
dihadapi warga sekolah
- Kepala sekolah mampu mengembangkan budaya senyum,
salam, sapa, sopan dan santun
- Kepala sekolah mendapat pengakuan keteladanan bagi
warga sekolah
- Selalu melaksanakan sholat berjama’ah selama kegiatan
sekolah berlangsung
- Selalu bersikap dan berperilaku teladan seperti
disiplin, cinta kebersihan dll
- Selalu melakukukan silaturohmi kepada warga sekolah
baik yang mendapat kesenangan maupun duka
- Selalu menjadi contoh pengembangan budaya senyum,
salam, sapa, sopan dan santun bagi warga sekolah
- Selalu menjadi inspirasi keteladan bagi warga sekolah
|
|
|
|
1.2. Melaksanakan tupoksi sebagai
kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen dan integritas
|
- Kepala sekolah mampu menerapkan kejujuran dalam tugas
pokok dan fungsinya
- Kepala sekolah mampu menerapkan ketulusan dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya
- Kepala sekolah mampu menerapkan komitmen yang tinggi
dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya
- Kepala sekolah mampu menerapkan integritas yang
tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya
- Selalu menekankan falsafah jujur dalam bekerja bagi
semua warga sekolah
- Selalu mengajak semua warga sekolah untuk bekerja
dengan penuh ketulusan tanpa mengeluh, tidak pamrih dan bekerja tepat
waktu
- Selalu mengajak warga sekolah untuk melaksanakan
program dengan rasa penuh tanggungjawab dengan prestasi yang memuaskan
- Selalu mengajak warga sekolah untuk menunjukkan
integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas dengan catatan
dan solusi yang jelas
|
|
No
|
Komponen
|
Kriteria
|
Kegiatan
|
Indikator
|
|
|
1.3 Bersikap terbuka dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah
|
- Kepala sekolah bersikap terbuka menerima pendapat,
kritik dan saran dari pihak lain
- Kepala sekolah mampu menggerakkan semua pemangku
kepentingan dalam menyusun program sekolah
- Kepala sekolah bersikap terbuka dan transparan dalam
pengelolaan sekolah
- Kepala sekolah bersikap terbuka dalam membangun
sistem informasi manajemen sekolah
1.
Selalu tersedia media untuk
menyampaikan pendapat, kritik dan saran seperti kotak saran
2.
Selalu dengan notula dan daftar
hadir dalam rapat penyusunan program sekolah
|
- Selalu tersedia media informasi tentang pengelolaan
keuangan sekolah
- Selalu tersedia sistem informasi manejemen yang bisa
diakses oleh seluruh warga sekolah
|
|
|
1.4. Mengendalikan diri dalam
menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah
|
- Kepala sekolah mampu mengendalikan emosi seperti
sabar, tenang, bijaksana dan berjiwa besar
- Kepala sekolah mampu menghadapi masalah
- Kepala sekolah mampu mengatasi masalah
- Kepala sekolah mampu mengelola tantangan baru
1.
Selalu memiliki sikap dan sifat
seperti sabar, tenang, bijaksana dan berjiwa besar
|
- Selalu memiliki kemampuan menghadapi masalah
- Selalu memiliki kemampuan memecahkan masalah
- Selalu memiliki kemampuan mengelola tantangan baru
|
|
|
1.5. Berpartisipasi dalam kegiatan
sosial kemasyarakatan
|
- Kepala sekolah aktif dalam pelaksanaan program
pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan seperti donor darah, bencana
alam dll
- Kepala sekolah berperan aktif dalam kegiatan sosial
kemasyarakatan dilingkungan sekolah seperti gotong royong, kerja bakti
dll
- Kepala sekolah berperan aktif dalam kegiatan sosial
kemasyarakatan dilingkungan tempat tinggal seperti pengurus RT, pengurus
RW dll
- Kepala sekolah berperan aktif dalam kegiatan sosial
kemasyarakatan berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup
- Selalu berperan aktif dalam pelaksanaan program
pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan seperti donor darah, bencana alam
dll
- Selalu berperan aktif dalam kegiatan sosial
kemasyarakatan dilingkungan sekolah seperti gotong royong, kerja bakti
dll
- Selalu berperan aktif dalam kegiatan sosial
kemasyarakatan dilingkungan tempat tinggal seperti pengurus RT, pengurus
RW dll
|
- Selalu berperan aktif dalam kegiatan sosial
kemasyarakatan berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup
|
No
|
Komponen
|
Kriteria
|
Kegiatan
|
Indikator
|
|
|
1.6. Tanggap dan peduli terhadap
kepentingan orang atau kelompok lain
|
- Kepala sekolah mempunyai sifat simpatik/tenggangrasa
terhadap orang lain
- Kepala sekolah mempunyai sifat empati/sambung rasa
terhadap orang lain
- Kepala sekolah mempunyai sifat peduli terhadap
kepentingan orang atau kelompok lain
- Kepala sekolah mempunyai sifat obyektif dalam
mengatasi konflik internal sekolah
- Selalu mempunyai sifat simpatik/tenggangrasa terhadap
orang lain
- Selalu mempunyai sifat empati/sambung rasa terhadap
orang lain
- Selalu mempunyai sifat peduli terhadap kepentingan
orang atau kelompok lain
- Selalu mempunyai sifat obyektif dalam mengatasi
konflik internal sekolah
|
|
|
|
1.7. Mengembangkan dan mengelola
hubungan sekolah dengan pihak lain diluar sekolah dalam rangka mendapatkan
dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah
|
- Kepala sekolah mampu merencanakan kerjasama dengan
lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat
- Kepala sekolah mampu memperoleh dukungan dari lembaga
pemerintah, swasta, DU/DI dan masyarakat
- Kepala sekolah mampu memelihara hubungan kerjasama
dengan lembaga swasta, pemerintah dan masyarakat
- Kepala sekolah mampu memanfaatkan dukungan masyarakat
untuk meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang
efektif dan profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif
|
- Selalu jujur sehingga tidak ada temuan atau
penyimpangan dalam pelayanan sekolah
- Selalu bekerja penuh ketulusan dengan ciri tidak
mengeluh, tidak pamrih dan bekerja tepat waktu
- Selalu memiliki komitmen yang tinggi dan kemamuan
yang keras dalam melaksanakan tanggungjawab yang berhubungan prestasi
sekolah
- Selalu menunjukkan integritas yang tinggi dalam
melaksanakan tupoksi yang dibuktikan dalam buku catatan kasus dan
solusinya
|
No
|
Komponen
|
Kriteria
|
Kegiatan
|
Indikator
|
2
|
Kepemimpinan Pembelajaran
|
2.1. Bertindak sesuai dengan visi
dan misi sekolah
|
- Kepala sekolah mampu menyusun program sekolah
berdasar visi dan misi sekolah
- Kepala sekolah mampu menerapkan program sekolah
berdasar visi dan misi sekolah
- Kepala sekolah mampu mengambil keputusan dan berani
menghadapi resiko demi tercapainya visi dan misi sekolah
- Kepala sekolah mampu mengevaluasi program sekolah
sesuai dengan visi dan misi sekolah
1.
Selalu menyusun program sekolah
berdasar visi dan misi sekolah
2.
Selalu menerapkan program sekolah
berdasar visi dan misi sekolah
3.
Selalu mengambil keputusan dan
berani menghadapi resiko demi tercapainya visi dan misi sekolah
4.
Selalu mengevaluasi program
sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah
|
|
|
|
2.2. Merumuskan tujuan yang
menantang diri sendiri dan orang lain untuk mencapai standar yang tinggi
|
Kepala sekolah mampu merumuskan
tujuan sekolah dengan prinsip SMART yaitu
- Spesific yaitu tujuan yang fokus pada pencapaian
standar
- Mearusable yaitu tujuan dapat diukur
- Achievable yaitu tujuan dapat dicapai
- Realistic yaitu tujuan berdasar kondisi nyata
- Time Bound yaitu tujuan berdasar target waktu yang
jelas
|
Dokumen rumusan tujuan sekolah
berdasar 5 prinsip yaitu
- Spesific yaitu tujuan yang fokus pada pencapaian
standar
- Mearusable yaitu tujuan dapat diukur
- Achievable yaitu tujuan dapat dicapai
- Realistic yaitu tujuan berdasar kondisi nyata
- Time Bound yaitu tujuan berdasar target waktu yang
jelas
|
|
|
2.3. Mengembangkan sekolah menuju
organisasi pembelajar (learning organization)
|
- Kepala sekolah mampu merencanakan program
pengembangan SDM
- Kepala sekolah mampu melaksnakan program pengembangan
SDM dengan cara seminar, pelatihan, MGMP, KKKS dan studi lanjut
- Kepala sekolah mampu melakukan Penelitian Tindakan
Sekolah
- Kepala sekolah mampu menciptakan suasana sekolah yang
mendorong warga sekolah untuk terus menerus belajar
|
- Program pengembangan SDM
- Pelaksanaan pengembangan SDM dengan cara
seminar, pelatihan, MGMP, KKKS dan studi lanjut
- Penelitian Tindakan Sekolah
- suasana sekolah yang mendorong warga sekolah untuk
terus menerus belajar
|
No
|
Komponen
|
Kriteria
|
Kegiatan
|
Indikator
|
|
|
2.4. Menciptakan budaya dan iklim
sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
|
- Kepala sekolah mampu membuat program berkaitan dengan
budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
- Kepala sekolah mampu melaksanakan program berkaitan
dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi
pembelajaran
- Kepala sekolah mampu mengevaluasi program berkaitan
dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi
pembelajaran
- Kepala sekolah mampu melaksanakan program tindak
lanjut yang program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang
kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
- Program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah
yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
- Program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah
yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
- Program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah
yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
- Program tindak lanjut yang program berkaitan
dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi
pembelajaran
|
|
|
|
2.5. Memegang teguh tujuan sekolah
dengan menjadi contoh dan bertindak sebagai pemimpin pembelajaran
|
- Kepala sekolah mampu menunjukkan konsistensi dalam
memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan prestasi akademik maupun
non akademik siswa
- Kepala sekolah mampu menunjukkan konsistensi dalam
memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi
guru
- Kepala sekolah mampu menunjukkan konsistensi dalam
memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi
tenaga kependidikan
- Kepala sekolah mampu menjadi contoh sebagai pemimpin
pembelajaran dengan model-model pembelajaran terbaru seperti
kewirausahaan
|
1. Konsistensi
dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan prestasi akademik maupun
non akademik siswa
2. Konsistensi
dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi
guru
3. Konsistensi
dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi
tenaga kependidikan
4. Mampu
menjadi contoh sebagai pemimpin pembelajaran dengan model-model pembelajaran
terbaru seperti kewirausahaan
|
No
|
Komponen
|
Kriteria
|
Kegiatan
|
Indikator
|
|
|
2.6. Melaksanakan kepemimpinan
yang inspiratif
|
- Kepala sekolah mampu menerapkan kepemimpinan yang
dapat memotivasi warga sekolah dalam mencapai tujuan sekolah seperti
memberi apresiasi terhadap prestasi warga sekolah
- Kepala sekolah mampu menerapkan kepemimpinan yang
kreatif seperti mendorong munculnya ide baru dalam pelestarian
lingkungan
- Kepala sekolah mampu menerapkan kepemimpinan yang
inovatif seperti menfasilitasi ide baru dalam pelestarian lingkungan
- Kepala sekolah mampu menjadi inspirasi warga sekolah
berkaitan keteladanan penerapan nilai-nilai karakter seperti jujur,
disiplin dll
- Memotivasi warga sekolah dalam mencapai tujuan
sekolah seperti memberi apresiasi terhadap prestasi warga sekolah
- Kepemimpinan yang kreatif seperti mendorong munculnya
ide baru dalam pelestarian lingkungan
- Kepemimpinan yang inovatif seperti menfasilitasi ide
baru dalam pelestarian lingkungan
- Kepemimpinan yang inspiratif warga sekolah berkaitan
keteladanan penerapan nilai-nilai karakter seperti jujur, disiplin dll
|
|
|
|
2.7. Membangun saling percaya dan
diri menfasilitasi kerja sama dalam rangka menciptakan kolaborasi yang kuat
diantara warga sekolah
|
- Kepala sekolah mampu berkomunikasi dengan baik dan
bertindak secara efektif untuk membangun lingkungan kerja yang baik
- Kepala sekolah mampu berkomunikasi dengan baik dan
bertindak secara efektif untuk membangun rasa saling percaya diantara
warga sekolah
- Kepala sekolah mampu berkomunikasi dengan baik dan
bertindak secara efektif untuk menfasilitasi kerjasama yang baik
- Kepala sekolah mampu berkomunikasi dengan baik dan
bertindak secara efektif untuk menciptakan iklim kerja dan kolaborasi
yang kuat diantara warga sekolah
- Berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara
efektif untuk membangun lingkungan kerja yang baik
- Berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara
efektif untuk membangun rasa saling percaya diantara warga sekolah
- Berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara
efektif untuk menfasilitasi kerjasama yang baik
- Berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara
efektif untuk menciptakan iklim kerja dan kolaborasi yang kuat diantara
warga sekolah
|
|
No
|
Komponen
|
Kriteria
|
Kegiatan
|
Indikator
|
|
|
2.8. Bekerja keras untuk mencapai
keberhasilan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
|
- Kepala sekolah mampu menunjukkan kesungguhan dalam
membuat program yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan
sekolah sebagai organisasi pembelajar seperti program pengembangan
keprofesionalan berkelanjutan guru dan tenaga kependidikan
- Kepala sekolah mampu menunjukkan kesungguhan dalam
melaksanakan progam yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan
sekolah sebagai organisasi pembelajar
- Kepala sekolah mampu menunjukkan kesungguhan dalam
mengevaluasi progam yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan
sekolah sebagai organisasi pembelajar
- Kepala sekolah mampu menunjukkan kesungguhan dalam
melaksanakan progam tindak lanjut yang melibatkan semua warga sekolah
berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
- Menyusun program yang melibatkan semua warga sekolah
berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar seperti program
pengembangan keprofesionalan berkelanjutan guru dan tenaga kependidikan
- Melaksanakan progam yang melibatkan semua warga
sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
- Mengevaluasi progam yang melibatkan semua warga
sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
- Melaksanakan progam tindak lanjut yang melibatkan
semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi
pembelajar
|
|
|
|
2.9. Mengembangkan kurikulum dan
kegiatan pembelajaran sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah
|
- Kepala sekolah mampu menyusun program KTSP dokumen 1
seperti mata pelajaran, muatan lokal, pengembangan diri, pengaturan
beban belajar, ketuntasan belajar, kenaikan kelas, kelulusan, pendidikan
kecakapan hidup, pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global, serta
kurikulum dokumen 2 seperti silabus dan RPP yang penyusunannnya
melibatkan pemangku kepentingan sekolah sesuai dengan visi, misi dan
tujuan sekolah
- Kepala sekolah mampu melaksanakan KTSP dokumen 1 dan
dokumen 2
- Kepala sekolah mampu melakukan evaluasi pelaksanaan
KTSP dokumen 1 dan dokumen 2
- Kepala sekolah mampu melakukan pengembangan KTSP dokumen
1 ,2
- Menyusun KTSP dokumen 1 seperti mata pelajaran,
muatan lokal, pengembangan diri, pengaturan beban belajar, ketuntasan
belajar, kenaikan kelas, kelulusan, pendidikan kecakapan hidup,
pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global, serta KTSP dokumen 2
seperti silabus dan RPP yang penyusunannnya melibatkan pemangku
kepentingan sekolah sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah
- Melaksanakan KTSP dokumen 1 dan dokumen 2
- Melakukan evaluasi pelaksanaan KTSP dokumen 1 dan
dokumen 2
- Melakukan pengembangan KTSP dokumen 1 dan dokumen 2
|
|
No
|
Komponen
|
Kriteria
|
Kegiatan
|
Indikator
|
|
|
2.10. Mengelola peserta
didik dalam rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal
|
- Kepala sekolah mampu membuat program sekolah yang
berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik secara
optimal seperti program pengembangan bakat minat, tes IQ, program OSIS
dan ekstrakurikuler
- Kepala sekolah mampu melaksanakan program sekolah
yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik
secara optimal
- Kepala sekolah mampu mengevaluasi program sekolah
yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik
secara optimal
- Kepala sekolah mampu membuat program pengembangan
yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik
secara optimal
- Menyusun program sekolah yang berkaitan dengan
peserta didik baik akademik maupun non akademik secara optimal seperti
program pengembangan bakat minat, tes IQ, program OSIS dan
ekstrakurikuler
- Melaksanakan program sekolah yang berkaitan dengan
peserta didik baik akademik maupun non akademik secara optimal
- Mengevaluasi program sekolah yang berkaitan dengan
peserta didik baik akademik maupun non akademik secara optimal
- Menyusun program pengembangan yang berkaitan
dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik secara optimal
|
|
3
|
Pengembangan sekolah
|
3.1 Menyusun rencana
pengembangan sekolah
|
- Kepala sekolah mampu melibatkan semua unsur di
sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)/Rencana Kerja
Sekolah (RKS) dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah dengan
membentuk Tim Pengembang Sekolah (TPS)
- Kepala sekolah mampu mengidentifikasi kekuatan dan
kelemahan sebagai bahan penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)
- Kepala sekolah mampu mengidentifikasi peluang dan tantangan
sebagai bahan mendiagnosis jenis kebutuhan yang diperlukan dalam
perbaikan mutu sekolah
- Kepala sekolah mampu memimpin semua unsur sekolah
dalam pengembangan sekolah melalui TPS dan EDS (Evaluasi Diri Sekolah)
|
1. Menyusun
Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)/Rencana Kerja Sekolah (RKS) dalam rangka
mencapai visi, misi dan tujuan sekolah dengan membentuk Tim Pengembang
Sekolah (TPS)
2. Mengidentifikasi
kekuatan dan kelemahan sebagai bahan penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah
(RPS)
3. Mengidentifikasi
peluang dan tantangan sebagai bahan mendiagnosis jenis kebutuhan yang
diperlukan dalam perbaikan mutu sekolah
4. Memimpin
semua unsur sekolah dalam pengembangan sekolah melalui TPS dan EDS (Evaluasi
Diri Sekolah)
|
No
|
Komponen
|
Kriteria
|
Kegiatan
|
Indikator
|
|
|
3.2 Mengembangkan struktur
organisasi sekolah yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan
|
- Kepala sekolah mampu menyusun struktur organisasi
yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah
- Kepala sekolah mampu menyusun diskripsi tugas setiap
komponen dalam struktur organisasi
- Kepala sekolah mampu membuat pendelegasian tugas
untuk memonitor pelaksanaan tugas setiap komponen dalam struktur
organisasi
- Kepala sekolah mampu mengevaluasi struktur organisasi
sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah
|
1. Menyusun
struktur organisasi yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan
pengembangan sekolah
2. Menyusun
diskripsi tugas setiap komponen dalam struktur organisasi
3. Membuat
pendelegasian tugas untuk memonitor pelaksanaan tugas setiap komponen dalam
struktur organisasi
4. Mengevaluasi
struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah
|
|
|
3.3 Melaksanakan
pengembangan sekolah sesuai dengan rencana jangka panjang, menengah, dan
jangka pendek menuju tercapainya visi, misi dan tujuan sekolah
|
- Kepala sekolah mampu menyusun Program Kerja Sekolah
yang terdiri dari Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja
Tahunan (RKT), Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS), dalam rangka
mencapai visi, misi dan tujuan sekolah
- Kepala sekolah mampu melaksanakan Rencana Kerja
Sekolah (RKS)
- Kepala sekolah mampu mengevaluasi Rencana Kerja
Sekolah (RKS)
- Kepala sekolah mampu melaksanakan program tindak
lanjut Rencana Kerja Sekolah (RKS)
|
1. Menyusun
Program Kerja Sekolah yang terdiri dari Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM),
Rencana Kerja Tahunan (RKT), Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS), dalam
rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah
2. Melaksanakan
Rencana Kerja Sekolah (RKS)
3. Mengevaluasi
Rencana Kerja Sekolah (RKS)
4. Melaksanakan
program tindak lanjut Rencana Kerja Sekolah (RKS)
|
No
|
Komponen
|
Kriteria
|
Kegiatan
|
Indikator
|
|
|
3.4 Mewujudkan peningkatan
kinerja sekolah yang signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah
dan standar nasional pendidikan
|
- Kepala sekolah mampu meningkatkan kinerja sekolah
secara signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah yang
berkaitan dengan bidang manajerial seperti peningkatan kinerja sekolah
secara efektif dan efisien dibidang sarana dan prasarana, pendidik dan
tenaga kependidikan, serta pembiayaan.
- Kepala sekolah mampu meningkatkan kinerja sekolah
secara signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah yang
berkaitan dengan bidang akademik seperti peningkatan kinerja sekolah
yang efisien dan efektif seperti Standar Isi, SKL, Standar Proses dan
Standar Penilaian
- Kepala sekolah mampu membuat inovasi dalam rangka
kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan
sekolah yang berkaitan dengan bidang manajerial
- Kepala sekolah mampu membuat inovasi dalam rangka
kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan
sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik
1.
Meningkatkan kinerja sekolah
secara signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah yang berkaitan
dengan bidang manajerial seperti peningkatan kinerja sekolah secara efektif
dan efisien dibidang sarana dan prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan,
serta pembiayaan.
2.
Meningkatkan kinerja sekolah
secara signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah yang berkaitan
dengan bidang akademik seperti peningkatan kinerja sekolah yang efisien dan
efektif seperti Standar Isi, SKL, Standar Proses dan Standar Penilaian
3.
Membuat inovasi dalam rangka
kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah
yang berkaitan dengan bidang manajerial
4.
Membuat inovasi dalam rangka
kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah
yang berkaitan dengan bidang akademik
|
|
|
|
3.5 Melakukan monitoring,
evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah dengan prosedur
yang tepat
|
- Kepala sekolah mampu melakukan monitoring pelaksanaan
program kegiatan sekolah secara terprogram berdasar program monitoring
yang memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal dan penanggungjawab
- Kepala sekolah mampu melakukan evaluasi pelaksanaan
program sekolah secara terprogram berdasar program evaluasi yang
memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal dan
penanggungjawab
- Kepala sekolah mampu membuat pelaporan pelaksanaan
program kegiatan sekolah
- Kepala sekolah mampu membuat sistem monotoring,
evaluasi dan pelaporan dengan prosedur yang tepat
1. Program
monitoring pelaksanaan kegiatan sekolah
2. Program
evaluasi pelaksanaan kegiatan sekolah
3. Program
pelaporan pelaksanaan kegiatan sekolah
4. Sistem
monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan sekolah
|
|
|
|
3.6 Merencanakan dan
menindaklanjuti hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan
|
- Kepala sekolah mampu membuat program tindak lanjut
hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan
- Kepala sekolah mampu melaksanakan program tindak lanjut
hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan
- Kepala sekolah mampu mengevaluasi program tindak
lanjut hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan
- Kepala sekolah mampu membuat sistem pelaksanaan
program tindak lanjut hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan
- Membuat program tindak lanjut hasil monitoring,
evaluasi dan pelaporan
- Melaksanakan program tindak lanjut hasil monitoring,
evaluasi dan pelaporan
- Mengevaluasi program tindak lanjut hasil monitoring,
evaluasi dan pelaporan
- Membuat sistem pelaksanaan program tindak lanjut
hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan
|
|
|
|
3.7 Melaksanakan penelitian
tindakan sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah
|
- Kepala sekolah mampu membuat program Penelitian
Tindakan Sekolah dalam rangka peningkatan kinerja sekolah
- Kepala sekolah mampu melaksanakan program Penelitian
Tindakan Sekolah dalam rangka peningkatan kinerja sekolah
- Kepala sekolah mampu mengevaluasi program Penelitian
Tindakan Sekolah dalam rangka peningkatan kinerja sekolah
- Kepala sekolah mampu membuat rencana tindak lanjut
dari Penelitian Tindakan Sekolah dalam rangka peningkatan kinerja
sekolah
|
1. Membuat
program Penelitian Tindakan Sekolah dalam rangka peningkatan kinerja sekolah
2. Melaksanakan
program Penelitian Tindakan Sekolah dalam rangka peningkatan kinerja sekolah
3. Mengevaluasi
program Penelitian Tindakan Sekolah dalam rangka peningkatan kinerja sekolah
4. Membuat
rencana tindak lanjut dari Penelitian Tindakan Sekolah dalam rangka
peningkatan kinerja sekolah
|
No
|
Komponen
|
Kriteria
|
Kegiatan
|
Indikator
|
4
|
Manajemen Sumberdaya
|
4.1. Mengelola dan mendayagunakan
pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal
|
- Kepala sekolah mampu membuat program pengelolaan dan
pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal (RW + 1H)
- Kepala sekolah mampu melaksanakan program pengelolaan
dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal
- Kepala sekolah mampu mengevaluasi program pengelolaan
dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal
- Kepala sekolah mampu membuat program tindak lanjut program
pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara
optimal
- Menyusun program pengelolaan dan pendayagunaan
pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal (RW + 1H)
- Melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan
pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal
- Mengevaluasi program pengelolaan dan pendayagunaan
pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal
- Membuat program tindak lanjut program pengelolaan dan
pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal
|
|
|
|
4.2. Mengelola dan mendayagunakan
sarana dan prasarana sekolah secara optimal demi kepentingan pembelajaran
|
- Kepala sekolah mampu membuat program pengelolaan dan
penda-yagunaan sarana dan prasarana sekolah untuk kepentingan
pembelajaran
- Kepala sekolah mampu melaksa-nakan program
pengelolaan dan pendayagunaan sarpras sekolah untuk kepentingan
pembelajaran
- Kepala sekolah mampu mengevaluasi program
pengelo-laan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah untuk
kepentingan pembelajaran
- Kepala sekolah mampu membuat program tindak lanjut
pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah untuk
kepentingan pembelajaran
- Membuat program pengelolaan dan pendayagunaan sarana
dan prasarana sekolah untuk kepentingan pembelajaran
- Melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan
sarana dan prasarana sekolah untuk kepentingan pembelajaran
- Mengevaluasi program pengelolaan dan pendayagunaan
sarana dan prasarana sekolah untuk kepentingan pembelajaran
- Membuat program tindak lanjut program pengelolaan dan
pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah untuk kepentingan
pembelajaran
|
|
No
|
Komponen
|
Kriteria
|
Kegiatan
|
Indikator
|
|
|
4.3. Mengelola keuangan sekolah
sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntanbilitas
|
- Kepala sekolah mampu membuat program perencanaan
keuangan sekolah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntanbel
- Kepala sekolah mampu melaksanakan program
perencanaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan
akuntabel
- Kepala sekolah mampu mengevaluasi program perencanaan
keuangan sekolah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntanbel
- Kepala sekolah mampu membuat program tindak lanjut
program perencanaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisiensi,
transparansi dan akuntabel
- Membuat program perencanaan keuangan sekolah sesuai
prinsip efisiensi, transparansi dan akuntanbel
- Melaksanakan program perencanaan keuangan
sekolah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntabel
- Mengevaluasi program perencanaan keuangan sekolah
sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntanbel
- Membuat program tindak lanjut program perencanaan
keuangan sekolah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntabel
|
|
|
|
4.4. Mengelola lingkungan sekolah
yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
|
- Kepala sekolah mampu membuat program berwawasan lingkungan
yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
- Kepala sekolah mampu melaksanakan program berwawasan
lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
- Kepala sekolah mampu mengevaluasi program berwawasan
lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
- Kepala sekolah mampu membuat program tindak lanjut
program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan
kesehatan
|
- Membuat program berwawasan lingkungan yang menjamin
keamanan, keselamatan dan kesehatan
- Melaksanakan program berwawasan lingkungan yang
menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
- Mengevaluasi program berwawasan lingkungan yang
menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
- M embuat program tindak lanjut program berwawasan
lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
|
No
|
Komponen
|
Kriteria
|
Kegiatan
|
Indikator
|
|
|
4.5. Mengelola ketatausahaan
sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah
|
- Kepala sekolah mampu membuat program kerja
ketatausahaan sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah
- Kepala sekolah mampu melaksanakan program kerja
ketatausahaan sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah
- Kepala sekolah mampu mengevaluasi program kerja
ketatausahaan sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah
- Kepala sekolah mampu membuat program tindak lanjut
program kerja ketatausahaan sekolah dalam rangka mendukung pencapaian
tujuan sekolah
- Membuat program kerja ketatausahaan sekolah dalam
rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah
- Melaksanakan program kerja ketatausahaan sekolah
dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah
- Mengevaluasi program kerja ketatausahaan sekolah
dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah
- Membuat program tindak lanjut program kerja
ketatausahaan sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah
|
|
|
|
4.6. Mengelola sistem informasi
sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
|
- Kepala sekolah mampu membuat program sistem informasi
sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
- Kepala sekolah mampu melaksaanakan program sistem
informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan
keputusan
- Kepala sekolah mampu mengevaluasi program sistem
informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan
keputusan
- Kepala sekolah mampu membuat program tindak lanjut
program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan
pengambilan keputusan
- Membuat program sistem informasi sekolah dalam
mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
- Melaksaanakan program sistem informasi sekolah dalam
mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
- Mengevaluasi program sistem informasi sekolah dalam
mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
- Membuat program tindak lanjut program sistem informasi
sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
|
|
No
|
Komponen
|
Kriteria
|
Kegiatan
|
Indikator
|
|
|
4.7. Mengelola layanan-layanan
khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta
didik di sekolah
|
- Kepala sekolah mampu membuat program layanan-layanan
khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta
didik di sekolah seperti koperasi sekolah, kantin sekolah, kotak saran
dll
- Kepala sekolah mampu melaksanakan program
layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan
kegiatan peserta didik di sekolah
- Kepala sekolah mampu mengevaluasi program
layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan
kegiatan peserta didik di sekolah
- Kepala sekolah mampu membuat program tindak lanjut
program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan
pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
- Membuat program layanan-layanan khusus sekolah yang
mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
seperti koperasi sekolah, kantin sekolah, kotak saran dll
- Melaksanakan program layanan-layanan khusus sekolah
yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di
sekolah
- Mengevaluasi program layanan-layanan khusus sekolah
yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di
sekolah
- Membuat program tindak lanjut program layanan-layanan
khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta
didik di sekolah
|
|
|
|
4.8. Memanfaatkan teknologi secara
efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah
|
- Kepala sekolah mampu mengoptimalkan pemanfaatan
teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen
sekolah seperti media pembelajaran berbasis teknologi, internet dll
- Kepala sekolah mampu menfasilitasi guru dalam
pemanfaatan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran media
pembelajaran berbasis teknologi, LCD, Multimedia internet dll
- Kepala sekolah mampu menfasilitasi tenaga
administrasi dalam pemanfaatan teknologi secara efektif dalam
menyelesaikan administrasi sekolah seperti internet dll
- Kepala sekolah mampu menfasilitasi guru dan tenaga
administrasi sekolah dalam kreativitas, inovasi sehingga pembelajaran
dan manajemen sekolah semakin efektif sesuai dengan tuntutan perubahan
- Optimalisasi pemanfaatan teknologi secara
efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah seperti media
pembelajaran berbasis teknologi, internet dll
- Guru memanfaatan teknologi secara efektif dalam
kegiatan pembelajaran media pembelajaran berbasis teknologi, LCD,
Multimedia internet dll
- Tenaga administrasi memanfaatan teknologi secara
efektif dalam menyelesaikan administrasi sekolah seperti internet dll
- Guru dan tenaga administrasi sekolah kreativit,
inovatif sehingga pembelajaran dan manajemen sekolah semakin efektif
sesuai dengan tuntutan perubahan
|
|
5
|
Kewirausahaan
|
5.1. Menciptakan inovasi yang
bermanfaat bagi pengembangan sekolah
|
- Kepala sekolah mampu menfasilitasi kreatititas dan
inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah contoh pembelajaran
dan penatausahaan sekolah menfaatkan tekonolgi informasi
- Kepala sekolah mampu menerapkan kreatititas dan
inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah
- Kepala sekolah mampu membudayakan kreatititas dan
inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah
- Kepala sekolah mampu mengembangkan budaya kreatif dan
inovatif yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah
- Menfasilitasi kreatititas dan inovasi yang bermanfaat
bagi pengembangan sekolah contoh pembelajaran dan penatausahaan sekolah
menfaatkan tekonolgi informasi
- Menerapkan kreatititas dan inovasi yang bermanfaat
bagi pengembangan sekolah
- Membudayakan kreatititas dan inovasi yang bermanfaat
bagi pengembangan sekolah
- Mengembangkan budaya kreatif dan inovatif yang
bermanfaat bagi pengembangan sekolah
|
|
|
|
5.2. Memiliki motivasi yang kuat
untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin
pembelajaran
|
- Kepala sekolah mampu memberi tauladan kedisiplinan
dan kinerja guru untuk mewujudkan visi danb misi sukses sekolah dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran
contoh kemauan kuat untuk mengembangkan diri, belajar kepada kepala
sekolah yang sukses dll
- Kepala sekolah mampu aktif dalam forum pertemuan
ilmiah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai
pemimpin pembelajaran contoh seminar pendidikan, karya ilmiah dll
- Kepala sekolah mampu aktif dalam Kelompok Kerja
Kepala Sekolah dll
- Kepala sekolah mampu memberikan keteladanan dan aktif
dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan contoh karya inovasi
pendidikan, publikasi ilmiah dll
- Memberi tauladan kedisiplinan dan kinerja guru untuk
mewujudkan visi danb misi sukses sekolah dalam melaksanakan tugas pokok
dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran contoh kemauan kuat untuk
mengembangkan diri, belajar kepada kepala sekolah yang sukses dll
- Aktif dalam forum pertemuan ilmiah untuk sukses dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran
contoh seminar pendidikan, karya ilmiah dll
- Aktif dalam Kelompok Kerja Kepala Sekolah dll
- Memberikan keteladanan dan aktif dalam pengembangan
keprofesian berkelanjutan contoh karya inovasi pendidikan, publikasi
ilmiah dll
|
|
|
|
5.3. Memotivasi warga sekolah
untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing
|
- Kepala sekolah mampu memotivasi diri dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai kepala sekolah contoh
semangat kerja tinggi sebagai guru maupun kepala sekolah
- Kepala sekolah mampu memotivasi siswa untuk sukses
contoh memberi motivasi berprestasi lewat beasiswa, memberi pujian dll
- Kepala sekolah mampu memotivasi guru dalam
pembelajaran contoh memberi insentip, memberi pujian dll
- Kepala sekolah mampu memotivasi tenaga administrasi
untuk bekerja dengan baik contoh memberi insentip hadir, memberi pujian
dll
- Memotivasi diri dalam melaksanakan tugas pokok dan
fungsinya sebagai kepala sekolah contoh semangat kerja tinggi sebagai
guru maupun kepala sekolah
- Memotivasi siswa untuk sukses contoh memberi motivasi
berprestasi lewat beasiswa, memberi pujian dll
- Memotivasi guru dalam pembelajaran contoh memberi
insentip, memberi pujian dll
- Memotivasi tenaga administrasi untuk bekerja dengan
baik contoh memberi insentip hadir, memberi pujian dll
|
|
|
|
5.4. Pantang menyerah dan selalu
mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah
|
- Kepala sekolah mampu bersikap konsisten dan pantang
menyerah dalam menangani setiap permasalahan yang dihadapi sekolah
contoh menegakkan disiplin guru dan karyawan yang tingkat kehadirannya
rendah
- Kepala sekolah mampu mengatasi dan menemukan solusi
terbaik setiap persoalan yang dihadapi sekolah contoh penanganan konflik
- Kepala sekolah mampu membangun budaya konsisten dan
pantang menyerah dalam mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi
sekolah
- Kepala sekolah mampu mengembangkan budaya
silaturohmi, kekeluargaan dan selalu mencari solusi terbaik dalam
menghadapi permasalahan yang dihadapi disekolah
- Bersikap konsisten dan pantang menyerah dalam
menangani setiap permasalahan yang dihadapi sekolah contoh menegakkan
disiplin guru dan karyawan yang tingkat kehadirannya rendah
- Mengatasi dan menemukan solusi terbaik setiap
persoalan yang dihadapi sekolah contoh penanganan konflik
- Membangun budaya konsisten dan pantang menyerah dalam
mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi sekolah
- Mengembangkan budaya silaturohmi, kekeluargaan dan
selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi permasalahan yang
dihadapi disekolah
|
|
|
|
5.5. Menerapkan nilai dan
prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengembangkan sekolah
|
Kepala sekolah mampu mengembangkan
sekolah dengan menerapkan prinsip-prinsip :
- Inovatif dan kreatif
- Kemandirian dan rasa percaya diri yang kuat
- Kerja keras dan pantang menyerah
- Tanggap terhadap perubahan dan berorientasi masa
depan berdasar pada visi, misi dan tujuan sekolah
|
Pengembangan sekolah dengan
prinsip :
- Inovatif dan kreatif
- Kemandirian dan rasa percaya diri yang kuat
- Kerja keras dan pantang menyerah
- Tanggap terhadap perubahan dan berorientasi masa
depan berdasar pada visi, misi dan tujuan sekolah
|
6
|
Supervisi Pembelajaran
|
- 5.
- 6.
6.1. Menyusun program supervisi
akademik dalam rangka profesionalisme guru
|
Kepala sekolah mampu menyusun
program tahunan supervisi akademik dalam rangka meningkatkan profesionalisme
guru yang meliputi :
- Fokus pada perbaikan proses dan hasil belajar
- Jadwal pelaksanaan dan instrumen supervisi akademik
- Dikomunikasikan pada bulan pertama awal tahun
- Pendelegasian dan pembagian tugas kepada guru senior
|
Program tahunan supervisi akademik
dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru yang meliputi :
- Fokus pada perbaikan proses dan hasil belajar
- Jadwal pelaksanaan dan instrumen supervisi akademik
- Dikomunikasikan pada bulan pertama awal tahun
- Pendelegasian dan pembagian tugas kepada guru senior
|
No
|
Komponen
|
Kriteria
|
Kegiatan
|
Indikator
|
|
|
6.2. Melaksanakan supervisi
akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi
yang tepat
|
- Kepala sekolah mampu membagi tugas pelaksanaan
supervisi akademik kepada wakil dan guru senior yang memenuhi syarat
contoh tim pelaksana supervisi akademik
- Kepala sekolah mampu menerapkan prosedur, pendekatan,
dan teknik supervisi yang tepat contoh pra observasi, observasi dan post
observasi
- Kepala sekolah mampu mengembangkan instrumen
supervisi yang relevan dengan tuntutan perubahan dan sesuai dengan
perkembangan kurikulum yang memuat nilai karakter
- Kepala sekolah mampu mengevaluasi pelaksanaan
supervisi akademik
- Membagi tugas pelaksanaan supervisi akademik kepada
wakil dan guru senior yang memenuhi syarat contoh tim pelaksana
supervisi akademik
- Menerapkan prosedur, pendekatan, dan teknik supervisi
yang tepat contoh pra observasi, observasi dan post observasi
- Mengembangkan instrumen supervisi yang relevan dengan
tuntutan perubahan dan sesuai dengan perkembangan kurikulum yang memuat
nilai karakter
- Mengevaluasi pelaksanaan supervisi akademik
|
|
|
|
6.3. Menilai dan menindaklanjuti
kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
|
- Kepala sekolah mampu memanfaatkan hasil penilaian
supervisi akademik dalam rangka evaluasi program sekolah dibidang akademik
contoh silabus terintegrasi dengan nilai karakter
- Kepala sekolah mampu menindaklanjuti hasil penilaian
supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru contoh
efektifitas media pembelajaran, efektifitas penilaian dll
- Kepala sekolah mampu menindaklanjuti hasil penilaian
supervisi akademik dengan mengikutkan guru dalam pelatihan
- Kepala sekolah mampu menindaklanjuti hasil penilaian
supervisi akademik dengan menyelenggarakan workshop dan mengundang nara
sumber yang kompeten sesuai dengan hasil evaluasi supervisi akademik
- Memanfaatkan hasil penilaian supervisi akademik dalam
rangka evaluasi program sekolah dibidang akademik contoh silabus
terintegrasi dengan nilai karakter
- Menindaklanjuti hasil penilaian supervisi akademik
dalam rangka peningkatan profesionalisme guru contoh efektifitas media
pembelajaran, efektifitas penilaian dll
- Menindaklanjuti hasil penilaian supervisi akademik
dengan mengikutkan guru dalam pelatihan
- Menindaklanjuti hasil penilaian supervisi akademik
dengan menyelenggarakan workshop dan mengundang nara sumber yang
kompeten sesuai dengan hasil evaluasi supervisi akademik
|
|
0 komentar:
Posting Komentar
silahkan anda berkomentar, kesopanan selalu kami jaga dan tidak melakukan komentar sara dan spam.